Mengantisipasi Kebakaran Hutan

 

Photo and Text by Saichu Anwar, Bali-Indonesia

fire rescue 1Pagi-pagi sudah dibuat shock dengan kedatangan puluhan mobil pemadam kebakaran di suburb dimana kita tinggal. Aku pikir kedatangan mereka dikarenakan ada kebakaran hebat, apalagi kami tinggal dekat dengan hutan publik milik pemerintah setempat. Sempet panik juga melihat kehadiran mereka. Kebetulan saat itu aku lagi sedang berada dihalaman rumah bermain bersama anak lelakiku ketika rombongan Pemadam Kebakaran tersebut datang. Jarak antara aku dengan mereka kurang lebih 100 meter. Aku Berusaha tetap tenang, dan memberitahukan situasi kepada orang seisi rumah agar tidak ikutan panik. Aku berpikir dan berkata dalam hati “Perasaan tak ada asap dan bau kayu terbakar, tapi kenapa banyak sekali mobil pemadam kebakaran datang ke wilayah kami ?”. Benarkah ada kebakaran, ini kan baru awal musim semi ?

fire rescue 2Penasaran semakin menjadi, biasanya kalau ada keadaan yang cukup genting paling tidak kita yang tingga disekitaran lokasi diberi tahu atau diarahkan untuk proses evakuasi. Ini sama sekali tidak, bahkan tak terlihat petugas pemadam kebakaran mendatangi rumah per rumah atau mendekatiku yang cuma berjarak seratus meter dari mereka. ada dorongan untuk mendekat dan bertanya paling tidak pada salah satu anggota pemadam kebakaran tapi ada perasaan tidak enak kalau nantinya mengganggu tugas mereka, akhirnya melihat saja dari jauh sambil menunggu waktu yang tepat untuk bertanya.

fire rescue 3Terlintas dalam pikiran untuk mengambil kamera dan lensa 400mm ku, mungkin bisa membantu mengobati rasa penasaran, karena dengan lensa 400mm paling tidak adalah sedikit clue atau bisa melihat dari jauh kira kira ada asap tanda kayu terbakar. Aku masuk ke dalam rumah ambil kamera dan pasang lensa, ku tenteng keluar kamera dan action melihat melalui lensa jeprat sana-jepret sini tapi tetap saja tak ada asap , tak ada api, yang terlihat hanya beberapa unit mobil petugas pemadam kebakaran.

fire rescue 4Sepertinya mertua laki-laki ku juga penasaran, dia keluar rumah, dan punya cara lain untuk mendekat dan mencari tahu. Pura -pura Dia nge cek kotak surat yang ada diujung jalan menuju tempat tinggal kami yang persis didepan para pemadam kebakaran tersebut. Sesampainya di sana aku yakin di sempat bertanya pada salah seseorang yang ada di sana, ada apa gerangan ?, ketika dia kembali dari nge cek kotak surat, mertuaku bilang kalau pemadam kebakaran yang datang ke tempat kami bukan untuk memadamkan api yang ada di hutan atau ada kebakaran,malah sebaliknya mereka akan membuat api alias membakar semak-semak yang ada di hutan untuk mengantisipasi bush fire yang biasanya rawan terjadi di musim panas. Barulah aku lega kerana tidak perlu merasa was-was dan tidak terdapat kebakaran disekitar tempat kami. Kalau pun nantinya ada api yang diakibatkan oleh pembakaran semak-semak oleh petugas, tentunya sudah diperhintungkan dan dalam kontrol mereka.

fire rescue 5Tidak biasanya memang aku lihat kejadian seperti ini karena memang di Indonesia aku belum pernah sama sekali mendengar atau melihat secara langsung, mengantisiapsi kebakaran hutan dengan membakar hutan, tapi itulah cara mereka di sini. Australia memang negara yang setiap tahunnya harus menghadapi bencana alam berupa kebakaran hutan yang dikenal sebagai bush fire. Setiap tahunnya di seluruh wilayah Australia selalu saja memakan korban. Untuk itulah mereka berusaha secara optimal untuk bisa mengantisipasi datangnya bencana musiman setiap musim panas dan meminimalisasi korban baik jiwa atau harta benda. Teringat ketika bush fire terbesar terjadi di negara bagian Vitoria, Australia ditahun 2009 dimana ada beberapa warga negara Indonesia ikut menjadi korban.

fire rescue 6Seharian para fire brigade (pemadam kebakaran} dari NSW ini melakukan pekerjaannya mulai sekitar 9.00 pagi sampai pukul 16.00 waktu setempat. Saat mereka sudah selesai barulah aku jalan-jalan ke hutan, untuk melihat hasil pekerjaan mereka. Sungguh luar biasa hutan yang awalnya penuh dengan semak-semak yang lumayan rapat kini habis terbakar jadi abu, tapi tetap meninggalkan pepohonan hutan yang memang tidak ada maksud untuk dibakar hanya hangus sebagian yang nantinya akan kembali menghijau…

fire rescue7

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>